Author Topic: surat ijin belajar  (Read 20780 times)

farid_sdm

  • Guest
surat ijin belajar
« on: October 17, 2006, 09:43:56 AM »
Bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan surat ijin belajar ??

inoue_crev

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1
Re: surat ijin belajar
« Reply #1 on: October 17, 2006, 09:44:31 AM »
   1. Membuat surat permohonan izin belajar kepada rektor diketahui atasan langsung (alasan, PT. yang
      dituju) asli

   2. Dikirim kepada Rektor melalui pimpinan unit kerjanya, apabila tidak keberatan (pengantar)
      asli

   3. Fotokopi sah SK pengangkatan PNS

   4. Fotokopi sah SK pengangkatan terakhir

   5. Fotokopi sah KARPEG

   6. Fotokopi sah DP 3 terakhir

   7. Surat dari pimpinan sekolah / PT yang dituju yang menerangkan tentang waktu perkuliahan jurusan
      / prodi yang diminati PNS tersebut di LUAR JAM DINAS

   8. Surat pernyataan ybs, bersedia mematuhi ketentuan jam kerja, melanjutkan studi diluar jam kerja
      serta tidak mengganggu pelaksanaan dan kelancaran tugas kedinasan

   9. Surat keterangan Akreditasi PT. yang dituju, minimal B


sumber : SK Rektor UGM/4885/UM/01/36
tanggal : 17 juli 1995

Mizan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1
Re: surat ijin belajar
« Reply #2 on: March 23, 2007, 04:59:05 PM »
Maaf, ini hanya sebatas wacana, Perlu revisi-kah Surat Edaran No. 25/Dit.SDM/KP/2006? dimana dalam Surat Edaran tersebut disebutkan dalam point 2, bahwa: memperhatikan kualitas program studi pada Sekolah/Perguruan Tinggi yang akan dipilih dengan akreditasi sekurang-kurangnya B.
   Namun dalam kenyataannya bahwa ada beberapa teman-teman yang melanjutkan di salah satu Perguruan Tinggi yang belum berstatus AKREDITASI (baru ijin operasional)  mendapatkan Surat Ijin Belajar. Dalam hal ini sudah pernah kami tanyakan ke staff SDM, beliau mengatakan kalau status Perguruan Tinggi NEGERI dan pada waktu berikutnya kutanyakan lagi melalui Kasie kami, staff SDM mengatakan karena Universitas memiliki kepentingan.
   Memang kalau di lihat dari mutu dan kualitas program dalam konsep akreditasi yang
disebutkan dalam website http://www.ban-pt.or.id
Akreditasi dipahami sebagai penentuan standar mutu serta penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan (dalam hal ini pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga pendidikan itu sendiri. Mengingat adanya berbagai pengertian tentang hakikat perguruan tinggi (Barnet, 1992) maka kriteria akreditasi pun dapat berbeda-beda. Barnet menunjukkan, bahwa setidak-tidaknya ada empat pengertian atau konsep tentang hakikat perguruan tinggi :
1.Perguruan tinggi sebagai penghasil tenaga kerja yang bermutu (qualified manpower). Dalam pengertian ini pendidikan tinggi merupakan suatu proses dan mahasiswa dianggap sebagai keluaran (output) yang mempunyai nilai atau harga (value) dalam pasaran kerja, dan keberhasilan itu diukur dengan tingkat penyerapan lulusan dalam masyarakat (employment rate) dan kadang-kadang diukur juga dengan tingkat penghasilan yang mereka peroleh dalam karirnya. (2-4 bisa di lihat dalam website http://www.ban-pt.or.id)
   Dari penjelasan di atas disebutkan bahwa unsur penilain akreditasi dilihat dari keluaran/output/tingkat kelulusan dari suatu perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta.
Dan dalam Surat Edaran tersebut bisa di tambahi (hanya sebagai Usulan / Wacana):  memperhatikan kualitas program studi pada Sekolah/Perguruan Tinggi yang akan dipilih dengan akreditasi sekurang-kurangnya B, atau berstatus Negeri dan atau Universitas memiliki kepentingan.
   Dari permasalahan tersebut di atas, tidak menutup kemungkinan untuk di revisi kembali tentang Surat Edaran No. 25/Dit.SDM/KP/2006 tersebut, dalam hal ini kami mengambil contoh tentang di revisinya Peraturan Pemerintah No.37/2006 menjadi Peraturan Pemerintah No.21/2007, tapi semuanya ini hanya sebuah WACANA bagi kita.
   Hanya ini yang dapat kami sampaikan, bahwa kami juga manusia biasa, hanya sebatas berusaha, semua yang menentukan Allah SWT seperti disebutkan dalam surat Ar-Ra'du ayat 11, tapi yang jelas kami tetap belajar walaupun tidak diberi ijin, UGM tetap YES, OK, LUAR BIASA.


Salam

Mizan - 132302631
Staff PPTIK diperbantukan pada FISIPOL
« Last Edit: March 26, 2007, 09:41:23 AM by Mizan »